KANGKUNG (Convolvulus Seed)




Rekomendasi Cara Tanam

Syarat tumbuh
Kangkung pada umumnya dapat tumbuh pada segala jenis tanah terutama yang banyak mengandung unsur organik dan cukup air.  Serta lebih menyukai daerah dengan sinar matahari langsung.
Persiapan lahan
Pengolahan tanah dilakukan denga cara dicangkul atau dibajak sampai gembur.  Selanjutnya dibuat bedengan dengan ukuran 150 cm x 200 cm.  Pemberian pupuk kandang sebagai pupuk dasar bersamaan pada saat pengolahan tanah.  Kebutuhan pupuk kandang sebanyak 10 ton/ha.
Penanaman
Benih langsung ditanam tanpa persemaian secara alur dengan jarak tanam 5 x 20 cm.  Kemudian benih ditutup dengan pupuk dengan pupuk kandang atau tanah halus.  Selanjutnya bedengan disiram sampai basah, kebutuhan benih kangkung 40 kg/ha.
Perawatan
Penyiraman dilakukan setiap pagi apabila musim kemarau.  Penyiangan dilakukan minimal satu kali, apabila ditemukan gulma.  Pemupukan dilakukan dengan cara alur di antara baris tanaman atau dilarutkan dalam air lalu disiramkan.  Dosis pupuk 100 kg/ha, untuk pengocoran dengan dosis 2 ons Urea/10 l air, dikocorkan pada sore hari.
Pengendalian hama dan penyakit
Pengendalian hama dan penyakit dilakukan apabila ada tanda-tanda serangan, hal ini untuk memperkecil kegagalan.  Hama yang biasa menyerang adalah ulat grayak.  Hama ini dapat dikendalikan dengan insektisida seperti Supraside, Durban dan sebagainya.
Panen
Dapat dilakukan pada umur 25 – 30 hari setelah tanam dengan cara dicabut atau dipotong, selanjutnya diikat sesuai dengan permintaan pasar.

CV. AGRO INTI RAHARJA
Certificate of Competency No : 22/Pd/CV/JBT/III/2015
Dramaga Bogor 16620
Jawa Barat Indonesia
Email : saribahseed@gmail.com 
FB : Saribah Seed, Fanspage : Saribah Seed 
Twitter : @Saribah Seed, IG : Saribah Seed
Marketing & Sales Representative :
Call/SMS/WA/LINE : 0811 2226 988, 0812 1393 9094



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMANGKA (Watermelon Seed)

TENTANG KAMI

OYONG (Sponge gourd Seed)